Tips Menjawab "Mengapa Anda Memilih Pekerjaan Ini ?" Saat Wawancara Kerja



Saat mewawancarai suatu pekerjaan, Anda pasti akan menemukan “Mengapa Anda memilih pekerjaan ini?” ditengah pertanyaan wawancara HRD yang sering diajukan.

Tampaknya mudah untuk menjawab pertanyaan wawancara dasar ini, tetapi jika tidak melangkah dengan hati-hati dapat membuat atau menghancurkan kesepakatan.

Jika Anda mencari cara terbaik untuk menjawab “Mengapa Anda memilih pekerjaan ini?”, maka Anda telah tiba di blog yang tepat!

Mari kita mulai!

Mengapa perekrut bertanya "Mengapa Anda memilih pekerjaan ini ?"

Untuk memulainya, perekrut selalu ingin merekrut kandidat yang akan bertahan lebih lama.

Jadi, sebagian besar pertanyaan wawancara HRD diminta untuk membantu mereka memahami minat kandidat.

Demikian pula, perekrut mengajukan pertanyaan wawancara dasar seperti "Mengapa Anda memilih pekerjaan ini?" untuk memahami apakah seorang kandidat benar-benar tertarik pada bidangnya.

Jika seseorang tidak tertarik atau bersemangat dengan pilihan pekerjaannya, ia akan mudah bosan dan beralih pada tantangan sekecil apa pun yang dihadapinya.

Oleh karena itu, pertanyaan wawancara dasar ini sangat penting, dan memainkan akord yang tepat dapat membuat atau menghancurkan kesepakatan.

Cara terbaik untuk menjawab "Mengapa Anda memilih pekerjaan ini ?" (beserta contohnya )

Sekarang setelah jelas mengapa perekrut menanyakan pertanyaan wawancara HRD ini, berikut adalah beberapa cara terbaik untuk menjawab “Mengapa Anda memilih pekerjaan ini?”

1. Terinspirasi Seseorang dari keluarga atau kenalan Anda

Lebih sering daripada tidak pilihan pekerjaan kita terinspirasi oleh anggota keluarga atau teman keluarga dekat.

Jadi, Anda dapat berbicara tentang bagaimana Anda terinspirasi dan didorong oleh orang tersebut untuk mengejar jalur pekerjaan ini.

Kunci utama untuk menjawab pertanyaan wawancara HRD seperti “Mengapa Anda memilih pekerjaan ini?” adalah terdengar antusias dan bersemangat.

Jawaban yang mungkin untuk pertanyaan wawancara dasar ini adalah:

“Sejak kecil, saya dekat dengan paman dari pihak ibu yang adalah seorang jurnalis.

Pandangannya tentang masalah politik dan dunia membuat saya kagum dan kami biasa duduk berjam-jam di akhir pembicaraan dan membicarakan hal yang sama.

Dari sanalah saya mengembangkan minat yang besar dalam pekerjaan di bidang jurnalisme dan ketika saatnya tiba, paman saya membimbing saya untuk membantu saya membuat keputusan.

Magang musim panas di sebuah rumah jurnalis menyegel kesepakatan dan saya tahu ini adalah jalan yang ingin saya ambil.”

2. Anda Mengembangkan Minat dari Waktu ke Waktu

Kita semua didorong untuk mengambil kegiatan ekstrakurikuler sebagai anak-anak untuk membantu perkembangan kita secara keseluruhan.

Beberapa dari kita menemukan panggilan kita lebih awal sementara bagi yang lain butuh waktu untuk mengembangkan minat pada hal tertentu.

Jadi, jika Anda adalah seseorang yang menyadari kecintaannya pada bidang Anda dari waktu ke waktu, kepercayaan diri adalah kunci untuk menjawab pertanyaan wawancara HRD "Mengapa Anda memilih pekerjaan ini?"

Inilah cara Anda menjawab pertanyaan wawancara dasar ini.

"Meskipun saya telah terlibat dalam kompetisi antar sekolah untuk sastra dan menulis, saya mengembangkan minat yang lebih dalam untuk itu jauh di kemudian hari dalam kehidupan sekolah.

Sejak saat itu saya tidak melihat kembali dan tahu saya ingin masuk ke konten.

Seiring waktu saya terus meneliti tren saat ini yang relevan di lapangan dan mulai mengambil kursus online untuk tetap mengikuti.

Yang sangat menarik minat saya tentang penulisan konten adalah setiap hari kami belajar dan menulis tentang sesuatu yang baru dan ruang yang berkembang pesat selalu mendorong kami untuk belajar lebih banyak tentang lapangan.”

3. Jalur Pekerjaan Memberikan Kepuasan

Ada bisa menjadi pergumulan konstan antara pikiran dan hati, manfaat moneter vs kepuasan kerja, dll

Tapi jika melihat ke dalamnya, Anda akan menemukan kepuasan yang merupakan suatu keharusan untuk terus berjalan.

Saat menjawab “Mengapa Anda memilih pekerjaan ini?” Anda dapat menunjukkan faktor-faktor seperti prospek pertumbuhan, keamanan kerja, ruang lingkup, dll untuk membantu membuat penjelasan yang valid.

Jawaban yang mungkin untuk pertanyaan wawancara SDM ini adalah,

“Saya selalu menemukan kepuasan tertentu secara tertulis dan tahu saya ingin membuat pekerjaan dalam konten.

Yang membuat saya terpesona adalah seberapa cepat ruang digital berubah dan dampak besar konten dalam mengembangkan bisnis.

Saya percaya saat ini tanpa pemasaran digital yang tepat, mengembangkan bisnis dapat menjadi tugas.

Perubahan terus-menerus dan kesempatan untuk belajar aspek baru sangat penting bagi saya dan apa yang lebih baik jika saya melakukannya bersama dengan menulis!”

4. Anda Terinspirasi oleh Sebuah Buku atau Dokumenter

“Sebuah buku adalah teman terbaik seorang pria.” Pernyataan ini tidak mungkin lebih benar.

Kami selalu pergi ke buku dan film dokumenter untuk mencari inspirasi di saat putus asa.

Kisah hidup para pahlawan kami selalu menginspirasi kami untuk bangun dan menyelesaikan pekerjaan dengan semangat baru.

Tetapi bahkan maka tanpa semangat dan ketekunan tidak ada yang bisa menginspirasi Anda

Jadi ketika Anda menjawab pertanyaan wawancara SDM seperti “Mengapa Anda memilih pekerjaan ini?” pastikan untuk menunjukkan bagaimana dan mengapa Anda terinspirasi oleh buku atau dokumenter tertentu.

Anda dapat menjawab pertanyaan wawancara dasar ini dengan cara ini.

"Sejak usia dini, orang tua saya telah mendorong saya untuk mengembangkan kebiasaan membaca koran dan ikuti berita di televisi dan fotografi.

Seiring waktu saya mulai membaca buku-buku tentang jurnalisme berbagai media dan menemukan buku fantastis berjudul "How The Other Half Lives" oleh Jacob Riis. Itu adalah buku tentang foto jurnalistik yang meliput perjuangan hidup para imigran di Amerika .

Buku itu membuat saya terpesona dengan dampak gambar dan membuka jalan baru jurnalisme untuk dipilih.

Ayah saya telah menjadi fotografer yang sangat baik dan saya mendapatkan bakatnya begitu cepat di perguruan tinggi saya mulai mengambil bagian dalam fotografi dan kontes pembuatan film.

Dengan akhir kelulusan saya, saya tahu saya ingin melanjutkan pendidikan tinggi di bidang jurnalistik terutama jurnalisme foto.

Ayah saya sangat mendukung saya dan di sini saya melamar pekerjaan di organisasi Anda yang terhormat untuk postingan ini.”

5. Guru atau Mentor Mendorong Anda

Kita semua pada titik tertentu memandang guru kita yang meninggalkan dampak besar pada kita

Baik itu sekolah atau perguruan tinggi, akan selalu ada guru atau profesor yang mendorong Anda untuk mengembangkan lebih banyak pada hal tertentu. aspek untuk membantu Anda menjadi lebih baik di setiap langkah.

Ini menunjukkan bahwa bakat Anda patut diperhatikan dan oleh karena itu point yang bagus untuk disoroti saat menjawab pertanyaan wawancara dasar seperti itu.

Inilah cara Anda menjawab "Mengapa Anda memilih pekerjaan ini?"

"Bahasa Inggris selalu menjadi mata pelajaran favorit saya. Dulu saya suka membaca seluruh buku teks dari depan ke belakang bahkan sebelum sesi dimulai.

Bahkan para guru memperhatikan minat saya dan mendorong saya untuk mengikuti kompetisi menulis antar sekolah.

Saya ingat Prof A (nama guru) seperti yang selalu dia gunakan untuk membantu saya mengasah bakat saya.

Umpan baliknya yang jujur ​​​​meskipun brutal, hanya membantu saya untuk terus bekerja lebih keras setiap saat.

Saya berhutang setiap bagian yang pernah saya tulis kepadanya , karena tanpa dorongannya saya ragu saya akan pernah menemukan panggilan saya.”

6. Alasan Anda mengikuti jalur pekerjaan

Kita sering memilih pekerjaan kita dari aspek pribadi.

Beberapa mungkin memilih profesi sebagai inspirasi dari orang tua atau kakek-nenek mereka, karena membantu mereka untuk tetap dekat dengan ingatan mereka.

Anda dapat menjawab pertanyaan wawancara HR “Mengapa apakah kamu memilih pekerjaan ini?” seperti ini.

"Saya telah dekat dengan kakek saya dan kenangan terindah yang saya miliki tentang dia adalah cerita tentang kunjungannya ke lokasi.

Kakek saya adalah seorang insinyur instrumentasi dan dia sering harus melakukan kunjungan lapangan ke perkebunan.

Dia sering berbagi cerita tentang tempat-tempat yang dia kunjungi, orang-orang yang bekerja dengannya, budaya mereka, semuanya.

Saat kami tumbuh kecil, dia mulai berbagi detail serius dari pekerjaan yang dia lakukan.

Dia adalah orang yang selalu saya kunjungi kapanpun saya punya untuk bekerja pada sebuah proyek ilmu pengetahuan dan bersama-sama kita digunakan untuk datang dengan ide-ide besar. menjadi seorang insinyur membantu saya tetap terhubung ke kakek saya dan kenangan kita bersama. Oleh karena itu saya memilih jalur pekerjaan ini.”

Baca Juga :

Apa yang Tidak Boleh Dikatakan Saat Menjawab "Mengapa Anda Memilih Pekerjaan Ini ?"

Yah, sepertinya menjawab pertanyaan wawancara HRD "Mengapa Anda memilih pekerjaan ini?" itu mudah.

Tapi ada beberapa hal yang tidak boleh Anda ucapkan saat menjawab pertanyaan wawancara dasar ini.

1. Jangan Hanya Menyebutkan Aspek Moneter

Ya, uang bisa menjadi faktor yang patut dikagumi dalam jalur pekerjaan. Tetapi menyebutkannya kepada perekrut Anda bukanlah keputusan paling bijaksana

Mengatakan Anda berada di bidang pekerjaan hanya untuk uang akan meninggalkan kesan buruk dan menunjukkan kurangnya minat Anda

Oleh karena itu, memberi kesan kepada perekrut bahwa Anda akan menunjukkan diri Anda pada tanda-tanda tantangan atau godaan sekecil apa pun. tawaran paket yang lebih besar.

2. Hindari Terdengar Bosan

Perekrut ingin mewawancarai dan memilih kandidat yang bersemangat tentang apa yang mereka lakukan.

Tanpa gairah, ada kemungkinan Anda akan mudah bosan dan akan mulai mencari perubahan.

Oleh karena itu ketika Anda menjawab pertanyaan wawancara HRD “Mengapa Anda memilih pekerjaan ini?” pastikan untuk terdengar antusias dan bersemangat tentang pilihan pekerjaan Anda

3. Jangan Terdengar Bodoh

Kandidat yang memiliki rencana yang dibuat untuk pekerjaan mereka adalah favorit mutlak untuk perekrut

Sebaliknya, jika Anda terdengar seperti Anda tersandung pada pekerjaan ini secara tidak sengaja dan tidak tahu tentang itu akan meninggalkan kesan yang agak buruk pada perekrut.

Mereka mungkin akan berpikir bahwa Anda tidak tertarik dengan posisi tersebut dan hampir tidak memiliki niat untuk mempelajari posisi tersebut.

Jadi, terdengar percaya diri dan selalu buat rencana yang dibuat meskipun Anda Baru di bidang tersebut.

Ini akan meyakinkan perekrut bahwa Anda serius dengan pekerjaan Anda dan memiliki minat yang besar untuk belajar.

4. Hindari Mengutip Alasan Seperti Kerja Jarak Jauh atau Jam Kerja yang Fleksibel untuk Memilih Pekerjaan

Saat ini banyak organisasi mungkin memiliki opsi untuk mengizinkan karyawan mereka untuk bekerja dari rumah atau memiliki jam kerja yang fleksibel

Kedengarannya menggoda, mengutip faktor-faktor ini sebagai faktor saat menjawab “Mengapa Anda memilih pekerjaan ini?” adalah panggilan yang buruk.

Ini akan membuat perekrut berpikir bahwa Anda malas dan itu mungkin hanya membuat Anda kehilangan kesempatan untuk mengantongi pekerjaan.

Ingatlah faktor-faktor ini dan Anda pasti akan dapat menjawab pertanyaan wawancara SDM seperti seorang profesional.

Terlepas dari mempersiapkan untuk menjawab pertanyaan wawancara dasar, pastikan untuk berpakaian dengan tepat untuk pekerjaan itu.

Selamat Mencoba!

 


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama