11 Pertanyaan Interview Kerja Untuk Fresh Graduate beserta jawabannya


 

Sebagai mahasiswa yang baru lulus kuliah, sering kali merasa takut terhadap pertanyaan yang mungkin muncul saat interview kerja. Pertanyaan yang sering muncul saat interview kerja seperti Bagaimana memperkenalkan diri Anda dalam sebuah wawancara, apa yang muncul sebagai cara yang terbaik dalam berpakaian untuk wawancara?  dan yang paling penting pertanyaan wawancara HR apa yang ditanyakan?

Jika Anda seorang mahasiswa baru yang memiliki wawancara kerja yang akan datang, blog ini akan membawa Anda melalui 11 pertanyaan wawancara SDM paling umum untuk mahasiswa baru.

Mari kita mulai!

1. Ceritakan Sesuatu Tentang Diri Anda

Ini adalah pertanyaan wawancara HR paling dasar untuk freshers sebagai pemecah kebekuan antara pewawancara dan kandidat.

Terlepas dari ini ketika ditanya "Ceritakan sesuatu tentang diri Anda", perekrut ingin tahu apalagi yang bisa Anda bicarakan tentang diri Anda yang belum ada di CV Anda. Berikut adalah contoh dari apa yang dapat Anda katakan untuk pertanyaan wawancara SDM ini untuk mahasiswa baru,

“Saya telah menyelesaikan MA saya di Jurusan Bahasa Inggris dari Universitas ABC di mana saya memimpin tim editorial untuk majalah departemen kami.

Mulai dari membuat ide tema hingga mengedit karya, saya belajar banyak dari profesor saya yang memberikan umpan balik berharga pada pekerjaan kami dan membantu kami meningkatkan setiap edisi.

Ini juga membantu saya selama magang di DXV Publishing Ltd di mana saya menerima penghargaan Intern of the Month karena cerita saya mendapat banyak tanggapan positif dari pembaca dan membantu menambahkan perspektif baru pada konten yang sedang diproduksi.

Saya telah mengikuti pekerjaan tim Anda untuk sementara waktu sekarang dan merasa sangat menarik dan selaras dengan apa yang ingin saya kerjakan. Saya tahu perjalanan saya masih panjang dalam hal pembelajaran dan akan sangat bagus jika saya dapat bekerja dengan tim Anda.”

 

Bacaan yang relevan: Format CV terbaik untuk freshers

2. Mengapa Anda Memilih Pekerjaan Ini ?

Di antara pertanyaan wawancara HR umum lainnya untuk mahasiswa baru, “Mengapa Anda Memilih Pekerjaan Ini ?” menemukan tempatnya dalam daftar prioritas utama.

Alasan mengapa perekrut mengajukan pertanyaan ini adalah untuk memastikan bahwa seorang kandidat benar-benar tertarik pada bidang tersebut, yang tanpanya dia akan beralih pada tantangan sekecil apa pun. Anda dapat menjawab pertanyaan wawancara HR ini untuk mahasiswa baru dengan cara berikut.

“Saya selalu memiliki bakat untuk menulis dan mengingat dinamika lingkungan digital yang berubah dengan cepat, ruang konten menjadi semakin penting dalam pertumbuhan bisnis.

Dengan bantuan strategi pemasaran digital yang terencana dapat membantu meningkatkan pendapatan bisnis dan menargetkan lebih banyak pelanggan di seluruh.

Saya baru memulai karir saya dan dinamika perubahan pemasaran digital adalah subjek yang sangat menarik bagi saya dan saya ingin melakukannya dari salah satu tim terbaik di bidangnya.”

3. Hal Apa Yang Membuatmu Tertarik ?

Pertanyaan wawancara SDM khusus untuk freshers ini memungkinkan perekrut untuk memahami berbagai aspek seperti ciri kepribadian Anda di luar pekerjaan, apakah Anda cocok atau tidak untuk tim, dll. Anda dapat menjawab "Apa yang Anda sukai ?" dengan cara ini.

“Orang tua saya selalu mendorong kami untuk menekuni hobi seperti musik, olahraga, menari karena membantu membangun disiplin. Saya telah mendaftar untuk kelas musik pada usia 5 tahun dan segera berubah menjadi gairah.

Sampai saat ini saya menyisihkan satu atau dua jam untuk diri saya sendiri di mana saya bisa berlatih musik saya. Ini membantu saya untuk menghilangkan stres dan juga bertindak sebagai bentuk meditasi yang membantu saya untuk tetap tenang dan fokus.”

4. Apa Pekerjaan Impianmu ?

Ini adalah salah satu pertanyaan wawancara SDM yang populer untuk freshers yang ditanyakan oleh perekrut untuk memahami apa tujuan kandidat dan apa yang membuat mereka merasa termotivasi.

Penting bagi perekrut untuk memahami faktor-faktor ini karena mereka ingin seorang kandidat berada di organisasi untuk jangka panjang.

Inilah cara Anda dapat menjawab pertanyaan wawancara HR "Apa pekerjaan impian Anda ?"

“Saya mengejar gelar kedokteran karena saya terinspirasi melihat kakek saya menyelamatkan nyawa dan membantu orang dan saya ingin melakukan hal yang sama. Namun, bekerja sebagai residen menyoroti beberapa gangguan dalam motif utama saya untuk membantu orang. Salah satu faktor utama tersebut adalah ketersediaan obat untuk semua lapisan masyarakat.

Tetapi hambatan besar lainnya untuk memperbaiki masalah ini adalah kurangnya pengalaman dan pengetahuan saya, jadi saya memutuskan untuk mendaftar di kursus MBA untuk hal yang sama dan bekerja untuk membantu orang miskin mendapatkan akses yang lebih baik ke obat-obatan.”

5. Bagaimana Anda Menangani Stres dan Tekanan ?

Stres dan tekanan adalah bagian tak terpisahkan dari kehidupan kerja dan benar-benar selatan dari stres dan tekanan yang Anda hadapi di perguruan tinggi.

Ini menjadikannya pertanyaan penting dalam tumpukan pertanyaan wawancara HR untuk freshers, karena memberi mereka wawasan tentang bagaimana Anda berfungsi di bawah tekanan dan tekanan di tempat kerja.

Anda dapat menjawab “Bagaimana Anda menangani stres dan tekanan ?” dengan cara berikut.

“Dengan persaingan yang ketat saat ini di segala bidang, stres dan tekanan tidak bisa dihindari.

Namun, saya percaya beberapa stres baik untuk terus menantang diri sendiri dan itu sepenuhnya berhasil dalam langkah saya.

Tetapi ketika itu menjadi luar biasa, saya mengeluarkan energi negatif dengan bermain bulu tangkis atau berlatih musik karena itu membantu saya untuk menenangkan diri.”

6. Apakah Anda Bersedia Pindah ?

Terkadang pekerjaan mengharuskan Anda untuk pindah ke kota lain dan “Apakah Anda bersedia untuk pindah ?” dapat membantu mereka mempersempit jumlah kandidat yang bersedia.

Anda dapat menjawab pertanyaan wawancara SDM tersebut untuk mahasiswa baru dengan cara berikut.

“Ya, saya bersedia untuk pindah. Saya tidak memiliki komitmen seperti itu di sini, dan mengingat ini adalah pekerjaan pertama saya, saya lebih tertarik untuk mempelajari tip dan trik pekerjaan itu. Juga, peluang pertumbuhan profil pekerjaan sangat besar dan saya tidak memiliki masalah dalam relokasi untuk kesempatan yang luar biasa ini.”

7. Apa Kekuatan Terbesar Anda ?

Sangat penting bagi seseorang untuk menyadari kekuatan dan kelemahan seseorang karena hal itu membantu untuk menavigasi melalui kehidupan kerja sehari-hari dengan cara yang efisien.

Selain itu, "Apa kekuatan terbesar Anda ?" membantu perekrut untuk memahami apakah seorang kandidat akan cocok atau tidak untuk posisi tersebut. Inilah cara Anda dapat menjawab pertanyaan wawancara HR untuk mahasiswa baru.

"Saya pikir salah satu kekuatan terbesar saya adalah bahwa saya sangat berkepala dingin. Saya tidak pernah mengalami kehancuran bahkan ketika berada di bawah tekanan dan tekanan yang parah. Saya percaya menjadi sangat penting untuk dapat mengatasi masalah tanpa menjadi gelisah karena dapat menyebabkan komplikasi situasi."

8. Apa Pencapaian Terbesar Anda ?

Dari pertanyaan wawancara HR untuk fresher, ini lebih bersifat umum. Perekrut biasanya mengajukan pertanyaan wawancara ini untuk mengukur apa yang Anda anggap penting dan mengapa, apakah Anda cukup ambisius untuk maju atau tidak.

Anda bisa menjawab “Apa pencapaian terbesar Anda ?” dengan cara berikut,

“Saya yakin pencapaian terbesar saya adalah saat makalah saya diterbitkan di jurnal bereputasi dan diapresiasi oleh salah satu pendukung lapangan. Dia kemudian menghubungi dan diskusi dengannya membantu saya mendapatkan pemahaman yang lebih dalam dan umpan baliknya membantu saya meningkatkan makalah saya juga.

9. Bagaimana Anda Berencana untuk Mencapai Tujuan Karir Anda?

Seorang perekrut akan selalu menginginkan kandidat untuk bersama perusahaan mereka untuk jangka panjang. Jadi, mereka akan condong ke kandidat yang tidak hanya memiliki tujuan karir yang ditetapkan tetapi juga memiliki rencana tindakan yang siap untuk hal yang sama.

“Bagaimana Anda berencana untuk mencapai tujuan karir Anda ?” adalah salah satu pertanyaan wawancara HR untuk mahasiswa baru dan inilah cara Anda dapat kembali ke sana.

“Saya telah merencanakan dan membagi tujuan karir saya menjadi jangka panjang dan jangka pendek karena membantu saya untuk fokus dan mencapai target saya dengan mudah. Saat ini saya menantikan untuk menyelesaikan kursus online SEO saya karena ini adalah bagian penting dari pekerjaan saya sebagai penulis konten.”

10. Berapa Aaji yang Anda Harapkan ?

Ini adalah salah satu pertanyaan wawancara HR paling populer yang akan muncul di setiap wawancara kerja saat Anda maju dalam karir Anda.

Inilah cara Anda dapat menjawab “Berapa gaji yang Anda harapkan ?” dengan cara berikut.

“Ini adalah pertanyaan yang bagus, dapatkah Anda membagikan jumlah yang Anda tawarkan kepada yang lebih baru dengan profil pekerjaan yang sama? Terima kasih telah berbagi, saya baik-baik saja dengan jumlah yang Anda nyatakan. ”

11. Apakah Anda Memiliki Pertanyaan untuk Saya ?

Ini adalah salah satu pertanyaan wawancara HR untuk freshers yang perlu Anda persiapkan untuk menjawabnya. Perekrut selalu bertanya, “Apakah Anda punya pertanyaan untuk saya ?” untuk memungkinkan Anda menghilangkan kebingungan atau bahkan jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut tentang profil perusahaan/pekerjaan, dll.

Ini juga menunjukkan kepada perekrut bahwa Anda benar-benar tertarik dengan pekerjaan itu dan telah melakukan sedikit riset menyeluruh untuk ditunjukkan dia.

Sebagai penutup, semoga 11 pertanyaan wawancara umum HR untuk mahasiswa baru ini bermanfaat. Juga, jangan lupa untuk meneliti tentang perusahaan sebelum bergabung dan ikuti tips resume penting ini untuk freshers.

Bacaan yang relevan: Hal yang dilakukan setelah wawancara

 

Semoga Diterima Kerja :)

 



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama